Pakai 6 Strategi Pemasaran On The Internet Ini, Bisnis Bakal Moncer

strategi pemasaran online

Digital marketing merupakan istilah umum yang digunakan untuk mencakup berbagai taktik yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan Anda dan membuat mereka membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat memasarkan ke pelanggan potensial secara online melalui media sosial, situs web Anda, iklan atau bahkan kombinasi ketiganya. Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen menggunakan saluran media sosial setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis Anda tidak eksis di media sosial, Anda tentu akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial.

Salah satu bentuk pemasaran online yang paling terkenal dan trendi saat ini bahkan sering digunakan adalah mobile marketing. Tentu saja sesuai dengan namanya, ini merupakan strategi marketing yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan perangkat gadget mobile layaknya ponsel pintar maupun tablet. Bahkan berdasarkan survei, sekitar kurang lebih 30 sampai dengan 40% pelanggan lebih sering membeli produk atau memesan barang maupun jasa dengan online menggunakan ponsel pintar atau tablet. Strategi pemasaran online bagi UKM bukan hanya terbatas pada menampilkan produk dan iklan saja, namun pemanfaatan komunikasi yang dapat menggunakan email marketing. Email marketing yang powerful dapat menarik perhatian pengguna karena hampir setiap hari orang membuka email. Namun tentu saja pemanfaatan email marketing ini harus efektif agar tak terkesan SPAM. Pengiriman email juga disesuaikan dengan waktu yang pas dan dengan copywriting yang menarik seperti promo, diskon, atau penawaran tertentu.

Hal pertama tentunya membenahi strategi pemasaran online Anda, karena dalam pasar digital jumlah pelanggan potensial cukup terbuka luas. Untuk itu, pastikan diri Anda mampu menembus batas lokalitas, karena dunia bisnis di era digital tidak mengenal batas teritorial. strategi pemasaran online yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap isu sosial. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dan juga membantu masyarakat. Cara kerja cause marketing bisa dilakukan dengan menjadi sponsor suatu kegiatan yang memiliki hubungan terhadap isu tertentu sekaligus mengiklankan produk dalam kegiatan tersebut.

strategi pemasaran online

Contohnya perusahaan X menjadi sponsor untuk acara TV tertentu yang disiarkan secara live, maka pada acara tersebut secara tidak langsung TV akan mempromosikan branding dari perusahaan X. Melakukan strategi pemasaran online tidak berbeda jauh dengan melakukan strategi pada bisnis offline. Anda membutuhkan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang cocok Anda jual dan memang dibutuhkan oleh banyak orang, organisasi, maupun lembaga. Untuk strategi pemasaran online yang selanjutnya Anda bisa menjalankan email marketing.

Strategi pemasaran online UKM menggunakan email marketing ini masih mendapat banyak respon baik dari calon konsumen. Anda bisa menerapkan metode pemasaran online ini untuk bisnis atau UKM. Dari jutaan UKM di Indonesia, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional.

Pemasaran dengan model konvensional seperti itu, saat ini disebut dengan pemasaran offline. Namun ketika internet sudah lazim digunakan dan dimanfaatkan, pola strategi pemasaran menjadi masif dan besar. Model pemasaran tersebut saat ini disebut dengan pemasaran online. Ya, saat ini ada dua strategi pemasaran yang banyak digunakan perusahaan yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Beberapa perusahaan menggunakan salah satunya dalam rangka memasarkan produknya, sebagian lagi menggunakan keduanya. Yang menjadi pertanyaan, dari kedua strategi tersebut mana kah yang lebih baik dan efektif untuk dilakukan dalam hal agar produk kita dapat diterima dan dibeli oleh masyarakat? Melalui artikel ini, kami coba menganalisis secara singkat kedua metode pemasaran tersebut untuk anda.

Sebelum saluran pemasaran online muncul, biaya untuk memasarkan produk atau layanan sering kali mahal, dan secara tradisional sulit diukur. Pikirkan kampanye iklan televisi nasional, yang diukur melalui kelompok fokus konsumen untuk menentukan tingkat kesadaran merek. Saat ini, siapa pun yang memiliki bisnis online dapat berpartisipasi dalam pemasaran online dengan membuat situs web dan membuat kampanye akuisisi pelanggan dengan biaya kecil hingga tanpa biaya. Produk dan layanan pemasaran tersebut juga memiliki kemampuan untuk bereksperimen dengan pengoptimalan untuk menyempurnakan efisiensi dan ROI kampanye mereka.